Realisasi Dak Dinas Perikanan Tubaba Tahun 2019 Diduga Tumpang Tindih

oleh -

PANARAGAN TULANG BAWANG BARAT, fokuskriminal.com – Realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019. Dinas Perikanan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) diduga tumpang tindih pada tahun sebelumnya,Senin 2 Maret 2019.

Dana alokasi khusus untuk Dinas perikanan kabupaten Tubaba tahun 2019 terdapat beberapa item termasuk belanja hibah yang di serahkan kepada masyarakat antara lain jala tebar,lampu senter,life jaket,bahkan jaring insang ke empat (4) item ini di serahkan ke masyarakat pada tahun 2019.

Namun sayangnya di duga tumpang tindih dalam pengadaan belanja bibit ikan yang mengunakan anggaran dak tahun 2019 dengan pagu 48 juta rupiah hanya di belanjakan untuk beli bibit ikan lele dan Ikan nila, hal ini dikatakan oleh Saryono jati kepada awak media (2/3/20) sekira pukul 13.5 wib melalui telepon seluler di Tubaba. “Untuk belanja bibit ikan itu tidak ada melainkan belanja induk ikan lele dan ikan nila bahkan sudah produksi, untuk produksi berapa banyak, “belom kami kolkulasi semua itu sudah ada tapi masih kecil-kecil ikannya untuk semua jenis ikan ada di Balai Benih Ikan (BBI) Margo Kencono.”Ungkapnya.

Selain itu di tempat terpisah untuk pengadaan alat pemijahan atau penetasan telur ikan dengan pagu 36 juta rupiah yang di anggarkan pada tahun 2019 hanya terdapat dua (2) buah bak Viber dan 20 sabuk aren. “Ya sabuk aren ini untuk memijahkan telur ikan terdapat 20 buah sabuk aren yang ada di BBI Margo Kencono selain itu ada dua (2) buah bak Viber yang sudah ada sebelum tahun 2019.” Ungkap masyarakat yang enggan disebutkan namanya kepada awak media (2/3) sekira pukul 14.04 wib di BBI Margo Kencono.

 

Menyusul untuk pengadaan oxigen concentrator dengan pagu 125 juta rupiah, nano bulble generator 175 juta rupiah, beserta perlengkapannya sebelum tahun 2019 memang sudah ada tetapi untuk beroperasinya mulai tahun kemarin tahun 2019. “Sebelum tahun 2019 mesin oksigen concentrator dan perlengkapan nya memang sudah ada melainkan beroperasinya mulai tahun kemarin tahun 2019”. Imbuhnya.

“Kalou untuk nano bulble generator itu pak mesinnya ada dua, ini tombol kontrolernya serta oksigen concentrator namun sebagian perlengkapan ini memang sudah ada dan mulai beroperasi nya tahun kemarin”. Pungkasnya. (Tiem)