Tiara Dwi Kirana | Pecandu Narkoba Perempuan Harus di Rehabilitasi

oleh -

BEKASI – Melakukan rehabilitasi perempuan pemakai narkoba diakui lebih sulit dari pada pecandu pria, Itu disampaikan Tiara Dwi Kirana perempuan yang biasa disapa sis Tiara yang telah berkecimpung di bidang adiksi sebagai konselor di Yayasan Rehabilitasi khusus Perempuan “Rumah Hijrah Khadijah”, Jalan Salak No 102 Jatibening Baru Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.

“Rehabilitasi perempuan lebih sulit karena mereka mempunyai kebutuhan khusus dan juga lebih rumit, itu alasan pecandu narkoba perempuan harus di tempatkan di rehabilitas khusus perempuan, terang Tiara saat di wawancarai ekslusif fokuskriminal.com, Senin (3/3/2020).

Maka itu diperlukan rehabilitasi khusus pecandu narkoba perempuan dengan teknik dan metode berbeda. Dengan itu para konselor harus lebih fokus untuk melakukan pendekatan secara psikis.

Dalam program rehabilitas khusus perempuan masih menggunakan konsep Terapy Comunity (TC) hanya saja kegiatan di dalamnya sedikit di kurangi di bandingkan program rehabilitas pria.

” Biasanya kegiatan, seperti grup meeting, dan seminar masih berjalan namun ada kegiatan khusus seperti edukasi lebih terhadap warning perempuan, sebutnya.

Ia juga mengatakan bahwa pecandu narkoba perempuan bisa pulih dari jeratan narkoba dengan cara mengikuti program rehabilitas. Hal itu terbukti dari pengalaman para pecandu narkoba lainnya yang selesai mengikuti rehabilitas, terbukti mereka mempunyai kehidupan lebih baik dari sebelumnya.

“ Pecandu perempuan akan pulih dengan mengikuti proses pemulihan di dalam rehabilitasi narkoba, agar mereka punya masa depan yang lebih baik dan pembekalan diri,” tegasnya.

Selain itu, Tiara juga menjelaskan bahwa program Rehabilitasi merupakan langkah penting dalam upaya menyelamatkan para pencandu dari belenggu narkotika dan obat-obatan terlarang.

Para pecandu narkoba akan diberikan kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Ini dilakukan agar mereka dapat kembali pada lingkungan sosialnya, menjalankan pola hidup sehat, menjadi lebih produktif dan lebih percaya diri.

Foto : Kegiatan Sosial Rehabilitasi Khusus Perempuan, Rumah Hijrah Khodijah bersama masyarakat

Dengan mengikuti rehabilitasi pecandu dapat diselamatkan dan dibimbing untuk menjadi manusia yang lebih baik, bahwa tempat pecandu narkoba bukan di penjara melainkan harus menjalankan program rehabilitasi.

Bila anda memiliki teman atau keluarga yang menjadi pecandu narkoba, sebaiknya segera melakukan konsultasi via seluler /Whatsapp ke 0822- 1000- 4421 (Gratis) tentang seputar informasi dan pendaftaran rehabilitasi khusus perempuan. (Red/**).