Datuk Seri Yose Saputra SE : Berikan Ucapan Selamat Hari Kebebasan Pers Internasional

oleh -

PEKANBARU – Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Pekanbaru, Datuk Seri Yose Saputra, SE menyampaikan beberapa harapan bagi pers dalam rangka memperingati Hari Kebebasan Pers Internasional. Salah satu harapannya yaitu pers harus bisa memerangi berita hoax dengan memberitakan informasi yang sesuai fakta.

” Semakin maju perkembangan media yang paling sangat dikwatirkan adalah berita hoak, kerna media menjadi salah komunikasi yang paling banyak di konsumsi masyarakat, ujar Yose kepada fokuskriminal.com, Minggu (3/5/2020).

Selain itu, Yose Saputra, SE mengucapkan Selamat Hari Kebebasan Pers Internasional teruntuk semua media di Indonesia yakni tepat pada tanggal 3 Mei, ” Tentu diharapkan media massa menjadi media penyambung harapan rakyat, penyampai kebenaran informasi, dan menjadi pilar demokrasi,” ungkapnya.

Melalui momentum ini, jadikan media yang bisa mencerdaskan anak bangsa dan berupaya menyajikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

Ia juga menambahkan pers harus mampu menjalankan tugas kontrol, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan publik. Pers harus mampu berperan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk memberikan informasi teraktual ke tengah masyarakat.

Salah satu harapannya pers bisa selalu menyampaikan informasi dan kebenaran kepada publik, di tengah maraknya isu hoaks yang terus beredar terutama di kalangan masyarakat Riau dengan harapan pers bisa dekat dengan nuansa budaya melayu, tambahnya.

“Mudah-mudahan melalui harapan ini Hari Kebebasan Pers Internasional semakin terus berjaya dan meneruskan kiprah dan perannya sebagai media yang mendukung informasi yang benar dan Akurat, harapnya. (Red/***)