Marwin | Pentingnya Pemahaman Stage Of Recovery Mantan Pecandu Narkoba

oleh -

BOGOR – Pemulihan pecandu atau penyalahguna narkoba membutuhkan waktu yang lama. Tidak ada kata sembuh pada pecandu narkoba. Yang ada adalah kata pulih. Pulih dalam kondisi normal pada fisik, psikis, sosial dan spiritualnya. Pecandu yang  sudah pulih, namun tidak ada jaminan bahwa kecanduan itu tidak akan kambuh kembali. Perjuangan pecandu atau penyalahguna narkoba untuk pulih adalah seumur hidup.

” Sebab perjuangan pecandu atau penyalahguna narkoba untuk pulih sesungguhnya adalah seumur hidup, ungkap Marwin kepada Fokuskriminal.com, Minggu (3/5/2020).

Menurutnya pemulihan membutuhkan waktu yang amat sangat panjang, upaya yang keras, disiplin, niat dan kerjasama antara keluarga, orang-orang yang mencintainya dan pusat rehabilitasi. semua itu merupakan kunci agar tidak mantan pecandu tidak kembali menggunakan narkoba. Pecandu tidak cukup hanya pulih, namun harus dapat menjalankan fungsi sosialnya dan produktif kembali. Kecenderungan kambuh atau relapse selama proses pemulihan merupakan satu hal penting untuk direspon dan ditangani dengan cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing kasus.

” Proses pemulihan ini sangat penting untuk mengetahui seberapa mana Stage Of Recovery seorang mantan pecandu narkoba, dengan menjaga pemulihan tersebut maka seorang pecandu akan dapat kembali di kehidupan normal, tambahnya.

Pemahaman ini sangat penting bagi kalangan mantan pecandu narkoba yang telah mengikuti rehabilitasi , sebagai bekal untuk tidak kembali jatuh atau relapse. Berikut beberapa tahapan pemulihan seorang pecandu narkoba yakni sebagai berikut ;

Pre Treatment
Pada fase ini pecandu akan menimbulkan penyangkalan terhadap akibat pemakaian nya.

Stabilitation
Pada fase ini pecandu mulai menyelesaikan masalah withdrawelnya / sakau nya.

Early Recovery ( Pemulihan Awal )
Pada masa ini pecandu akan belajar untuk melakukan perubahan pada dirinya , seperti pola pikir, emosional, dan tingkah laku.

Middle Recovery ( Pemulihan Tengah )
Pada masa ini pecandu memperbaiki faktor-faktor yang berhubungan pada dirinya , seperti pekerjaan ,keluarga.

Meintance
Pada fase ini menjadi produktif dan hidup sober / waras.

Late recovery ( Pemulihan Terakhir )
Pada fase ini bertujuan adanya perubahan personalitas dalam membangun hubungan baik dan keterampilan untuk hidup produktif.

Stage of recovery
Fase ini adalah flexible , dapat berubah sewaktu-waktu seiring berjalan nya recovery . Menjadi tolak ukur dan cermin bagi pecandu untuk melihat keberadaan nya.

Marwin juga menambahkan dengan memahami beberapa fase tahapan pemulihan penyalahgunaan narkoba, maka mantan pecandu akan mempunyai benteng diri agar tidak lagi terjerat narkoba, tutupnya. (Red/**).