AMTI Riau Sayangkan  PTPN V Menyeret Ibu 3 Orang Anak ke Meja Hijau 

oleh -

RIAU – Kasus pencurian dengan nilai kerugian sangat minim mengoyak rasa keadilan. Apalagi jika barang yang dicuri Nilainya sangat rendah, Seperti yang telah dialami oleh ibu tiga anak ini yang mencuri  3 Tandan buah sawit milik dari PTPN V yang nilainya hanya  Rp.76.500 yang sedang viral diberitakan beberapa media di Provinsi Riau, sangat disayangkan sekali sampai diseret ke meja hijau.

Guna merespon rasa keadilan masyarakat, Mahkamah Agung (MA) mengeluarkan Peraturan MA (Perma) yang menyatakan terdakwa seperti kasus di atas dilarang ditahan di penjara.

Perma tersebut diumumkan  oleh MA dengan Nomor 2/2012 mengenai Penyesuaian Batasan Tindak Pidana Ringan dan Jumlah Denda dalam KUHP.
Jika sebelumnya yang disebut tindak pencurian ringan yang nilainya kurang dari Rp 250, kini diubah menjadi Rp 2,5 juta.

“Dengan keluarnya Perma ini maka jika selama ini kasus pencurian seperti kasus Ibu tiga orang anak ini harus dikenakan pasal 364 KUHP tentang pencurian ringan,” kata Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM ) Aliansi Masyarakat Transparansi Indonesia ( AMTI) Provinsi Riau Dien Puga pada beberapa awak  Rabu (3/6/2020).