Saklim : Sesalkan Tindakan Petugas Keimigrasian Pangkalpinang Bertindak Arogansi Terhadap Pekerja WNA Di Perusahaannya

oleh -

BANGKA BELITUNG – “Saya selalu mengulang-ulang ini soal integritas. Jangan bermain-main dengan

kewenangan yang dimiliki,” itu kalimat yang dilontarkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly saat melantik lima Pimpinan Tinggi (Pimti) Pratama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), di Graha Pengayoman, Jalan Rasuna Said, Selasa (22 Juli 2020).

Hal itu yang ditegaskan oleh Menkumham Yasonna H Laoly agar instansi dan jajarannya dibawah lembaga Kemenkumham tidak memanfaatkan jabatan atau menyalahgunakan kewenangannya melakukan tindakan yang dianggap mal prosedur atau melanggar peraturan diluar SOP, hal itu dapat mencoreng nama baik institusi yang merugikan institusi Kementerian Hukum dan Ham.

Namun sayangnya, penegasan dari Menkumham Yasonna H Laoly tidak sepenuhnya dipatuhi oleh Petugas Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang.

Pasalnya ada kekecewaan yang dianggap oleh petugas Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang yang melakukan tindakan yang memanfaatkan jabatan dan kewenangan perampasan atas hak asasi manusia Pekerja WNA di perusahaan PT Kijang Jaya Mandiri.