“Gapoktan Tirta Laga Mesuji ,Bangun Elbo (irigasi) Asal Bapak senang”

oleh -

Mesuji, fokuskriminal.com.-Pemerintah Indonesia telah menetapkan target untuk mencapai swasembada beras. Untuk itu perlu di lakukan upaya yang besar untuk mencapai produktivitas padi. Peran penting penting irigasi agar dapat mencapai produktivitas padi. Sayang nya saat ini sebanyak 7,2 juta hektar daerah irigasi dan setengah dari sarana irigasi yang ada memerlukan perbaikan sistem irigasi.

Lain halnya dengan Gapoktan yang ada di desa Tirta laga kecamatan Mesuji kabupaten Mesuji dan terlihat ada kesan asal asalan dalam pelaksanaan pembangunan proyek irigasi/elbo. Gapoktan di desa Tirta laga mendapat bantuan proyek elbo/irigasi sebanyak 8 titik senilai total RP 280,000,000. (Dua ratus delapan puluh juta rupiah). Tidak ada plang pemberitahuan proyek dan juga penimbunan tidak mengunakan tanah keras dan hanya menggunakan tanah dek atau lumpur kering. Sementara di dalam undang undang no 14 tahun 2008 (KIP) seluruh masyarakat berhak tau bahwa proyek tersebut di bangun dengan dana dari mana.

Bagai mana bisa tercapai cita cita pemerintah untuk mencapai swasembada pangan. Jika proyek pembangunan elbo/irigasi di bangun dengan asal jadi dan tidak sesuai bestek. Badan perencanaan pembangunan daerah (BPPD) , Kabupaten projects implementing unit. Dinas pekerjaan umum dan dinas pertanian kabupaten Mesuji. Perekrutan tenaga pendamping masyarakat (TPM) serta tenaga petugas penyuluh lapangan (PPL) selain itu sebagai bagian dari penguatan kelembagaan pengelolaan irigasi. Segala upaya pemerintah pusat dan daerah adalah sia sia jika Gapoktannya tidak melakukan yang terbaik.

( Tim fokrim Lampung )

No More Posts Available.

No more pages to load.