KASAL: Jajaran Inspektorat TNI-AL Sebagai APIP Instrumen Utama Pengawasan .

oleh -

Jakarta, fokuskriminal.com.- 9 Desember 2021,“Jajaran Inspektorat TNI Angkatan Laut (TNI AL) sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) adalah instrumen utama pengawasan di lingkungan TNI AL guna menjamin tercapainya tujuan organisasi dan keberhasilan pelaksanaan program, serta belanja anggaran secara akuntabel, efektif, efisien dengan mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku”. Demikian diungkapkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat membuka Rapat Kerja Teknis Pengawas (Rakerniswas) TNI AL Tahun 2021, bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Kamis, (9/12).

Rakerniswas juga menjadi salah satu media pembinaan dan peningkatan serta penguatan peran APIP baik sebagai konsultan, maupun sebagai aparat pengawasansejalan dengan tema yang diangkat “Penguatan APIP Dalam Rangka Menuju New Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di Lingkungan TNI Angkatan Laut.”

Menurut Laksamana Yudo fungsi pengawasan mengemban peran yang sangat penting untuk memastikan semua kegiatan dalam menjalankan roda organisasi terlaksana sesuai tujuan, sasaran, aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan. pengawasan bukan untuk mencari-cari kesalahan, tetapi untuk mengawal program pembangunan sesuai yang ditetapkan serta menghindarkan dari kesalahan dan penyimpangan.

Lebih jauh Kasal juga menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang SPIP, pengawasan mengandung arti lebih kepada proses integral terkait dengan tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh personel TNI Angkatan Laut guna memberikan keyakinan demi tercapainya target kerja, kehandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, serta ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Dengan adanya Rakerniswas ini, saya sangat berharap kinerja TNI Angkatan Laut dapat terlaksana secara efektif dan efisien dengan tata kelola yang baik demi tercapainya tujuan organisasi untuk TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh,” pesan Kasal kepada jajaran Inspektorat TNI AL.

Rakerniswas 2021 yang diselenggarakan secara langsung dan video conference ini, para peserta jajaran Inspektorat seluruh Indonesia menerima pengarahan dari Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono dan pembekalan Inspektur Jenderal (Irjenal) Laksda TNI Sunaryo, CFrA., serta menerima paparan tentang Manajemen Risiko & Risk Based Audit dari Auditor Utama BPKP Drs. Agus Sukiswo, AK., M.M., CA., CFrA.,QIA.,CGCAE, dan penyampaian hasil sinkronisasi Rakorwas Itjen Kemhan dan TNI, serta penyampaian PKPT Itjenal TA. 2022 oleh Kolonel Laut (S) Arief K.Djanatin.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

No More Posts Available.

No more pages to load.