DPRD Tubaba Dukung Pemkab Melakukan Pencegahan Covid-19

oleh -

TULANG BAWANG BARAT, fokuskriminal.com   -Unsur Pimpinan di DPRD Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mendukung penuh upaya pemkab setempat dalam melakukan penanganan pencegahan Virus Corona (Covid-19) agar tidak menjangkiti masyarakat di kabupaten yang berjuluk Bumi Ragem Sai Mangi Wawai tersebut.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua II DPRD Tubaba S Joko Kuncoro, S.I.Kom melalui sambungan ponselnya kepada wartawan, Kamis sore (26/3).

“Pencegahan virus corona yang dilakukan Pemkab Tubaba sudah bagus, baik yang dilakukan Satgas Gugus Depan Pencegahan Corona (Pemda, Kepolisian, TNI) maupun oleh pihak OPD, Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan pemerintah tiyuh dan kelurahan diantaranya telah menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di kantor masing-masing maupun melakukan sosialisasi ke masyarakat menggunakan kendaraan,” kata dia.

Namun, Wakil Ketua II DPRD Tubaba ini juga berharap upaya pencegahan itu terus dimaksimalkan dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum secara berkala baik di tempat-tempat ibadah, kantor-kantor pemerintahan, fasilitas kesehatan, RTH, Taman Bermain dan lainnya. Sehingga upaya pencegahan yang dilakukan oleh masing-masing individu warga masyarakat Tubaba dengan menjaga pola hidup bersih sehat (PHBS), rajin mencuci tangan setelah beraktifitas ini juga menjadi efektif.

“Jadi, kami berharap upaya pencegahan ini dimaksimalkan dengan penyemprotan cairan disinfektan di fasilitas umum dan fasilitas lainnya yang banyak dikunjungi dan dimanfaatkan oleh warga masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Tubaba,” harapnya.

Menurut Joko, pihaknya juga mendukung  jika ada upaya dan kebijakan anggaran pemerintah daerah dan pemerintah tiyuh/kelurahan yang bakal digunakan untuk membiayai pencegahan Virus Corona selama itu tidak menyimpang dari tujuan dan alokasi.

“Kami sangat mendukung, bila perlu pembangunan fisik dikurangi dan dananya dialokasikan untuk pencegahan virus corona ini agar tidak menginfeksi warga masyarakat di kabupaten ini,” ucap Joko yang juga menjabat Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Tubaba.

Dia menambahkan, kepada pemerintah tiyuh/kelurahan juga dapat terus mendukung upaya yang dilakukan pemerintah daerah dengan terus melakukan sosialiasi kepada masyarakat, memantau warganya yang dari luar negeri maupun daerah-daerah yang masuk zona merah untuk dapat melaporkan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pengecekan kondisi tubuhnya.

“Pemerintah tiyuh ini juga punya anggaran sendiri melalui Dana Desa (DD), ini juga bisa dimanfaatkan untuk pencegahan Virus Corona di tiyuhnya masing-masing untuk kegiatan sosialisasi maupun penyemprotan cairan disinfektan, ini juga sejalan dengan surat edaran dari Kemendes yang dikeluarkan beberapa hari yang lalu,” pungkasnya.(red)