Dana Covid-19 Lambat Cair, Pansus Lakukan Tinjauan Langsung Ke 3 Daerahan Zona Hijau

oleh -

Payakumbuh Fokuskriminal.com — Perjalanan ke luar daerah Pansus II DPRD Kota Payakumbuh ke 3 daerah dalam provinsi Sumbar memicu kritik telah melanggar protokol kesehatan Covid-19. Perjalanan itu dilakukan untuk menanyakan langsung ke daerah lain dan mempelajari bagaimana kota/kabupaten lain di dalam provinsi Sumbar mencairkan bantuan Covid-19.

“Kita pergi ke daerah yang termasuk zona hijau yaitu kota Solok dan Kabupaten Sijunjung, dan Kota Sawah Lunto selama tiga hari, 18 hingga 20 Mei lalu,” kata Ketua Pansus II YB Dt. Parmato Alam kepada media, Rabu (27/5).

Dijelaskannya, bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19 melalui APBD Pemerintah Kota Payakumbuh untuk 12.000 KK belum juga dicairkan, hal ini memicu kekecewaan Panitia Khusus Percepatan penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh yang berfokus kepada dampak sosial dan ekonomi (Pansus II DPRD Kota Payakumbuh) itu.

“Setelah beberapa kali rapat dengan OPD terkait, lurah, dan camat, alasan yang dikemukakan selalu adalah data penerima bantuan yang belum rangkum. Akhirnya, Pansus II memutuskan untuk turun tangan membantu mencarikan solusi bagaimana agar dana bantuan tersebut dapat dicairkan segera,” terang Dt. Parmato Alam.