KPU Sumbar Dituding Lakukan Kesalahan Fatal.

oleh -

Pilgub Sumbar 2020 ; KPU Sumbar Dituding Lakukan Kesalahan Fatal Terhadap Jenderal Fakhrizal

Inspektur Jenderal Polisi Fakhrizal mantan Kapolda Sumbar yang mendaftar ke KPU Sumbar lewat jalur perseorangan / independen untuk Pilgub Sumbar 2020. Fakhrizal berpasangan dengan Walikota Pariaman Dr. Genius Umar (Ist)

Padang, fokuskriminal.com – Direktur Pusat Studi Konstitusi (PuSaKo) Unand, Feri Amsari, berpendapat sengketa Pilkada yang diajukan oleh pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Fakhrizal-Genius Umar, memiliki dasar yang kuat.

“Salah satunya adalah keberadaan formulir pernyataan pendukung BA 5.1 KWK yang mesti ditandatangani oleh pendukung sebagai bukti tertulis dukungan kepada pasangan calon,” ujarnya saat dihubungi Covesia via telepon, Jumat (31/7/2020).

Dia menuturkan keberadaan formulir BA 5.1 KWK dalam verifikasi pasangan calon merupakan kesalahan fatal yang dilakukan KPU Sumbar. Dia mengaku telah mencek ke KPU RI dan KPU provinsi lain, ternyata tidak ada formulir tersebut.

Keberadaan formulir itu, tutur Feri, melanggar asas Pemilu yakni prosesnya pasti dan hasilnya belum tentu. “Dengan formulir BA 5.1 KWK, justru yang terjadi sebaliknya, prosesnya tidak pasti dan hasilnya sudah tentu,” jelasnya.