42 Korban Jiwa Akibat Gempa di Sulawesi Barat, Presiden Perintahkan Jajarannya Jalankan Langkah Tanggap Darurat.

oleh -

,FOKRIM Mamuju Sulbar – Dua gempa berkekuatan cukup besar mengguncang daerah Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat dalam 2 hari secara berturut-turut.

Gempa pertama terjadi pada hari Kamis (14/1/2021) pukul 14.45 WITA dengan kekuatan M 5,9. Gempa dengan kekuatan lebih besar kembali terjadi keesokan harinya, yakni pada Jumat (15/1/2021) dini hari pukul 02.28 WITA. Selain berkekuatan cukup tinggi, gempa ini juga menimbulkan banyak kerusakan, serta jatuhnya sejumlah korban jiwa.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat, Darno Majid melaporkan, sementara ini ada 42 warga yang dilaporkan meninggal akibat tertimbun reruntuhan bangunan. Dari jumlah tersebut, 34 terdapat di Kabuaten Mamuju dan 8 sisanya ada di Kabupaten Majene

Jumlah ini dimungkinkan masih akan bertambah karena proses evakuasi masih terus dilakukan oleh tim gabungan, BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Polewali Mandar, kami mendirikan tempat pengungsian serta berkoordinasi dengan TNI-Polri, Basarnas, relawan dan instansi terkait dalam upaya pencarian para korban terdampak gempa tersebut.