“Gubernur Sulawesi Utara,Olly Dondokambey,Lepas Ekspor Komoditas Pertanian di Empat Belas Negara Global”

oleh -

Sulut , fokuskriminal.com.-Pelepasan komoditas pertanian di dampingi walikota Bitung Maurits Mantiri MM bersama Kapolda Sulut Irjen Nana Sudjana ,Penyegelan kontener langsung di lakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam rangka pelaksanaan merdeka Ekspor yg di gelar serentak di 17 pelabuhan Indonesia, di buka secara virtual oleh bapak presiden RI Ir Joko Widodo, Jakarta ( 14/08/21) .

Komoditas pertanian ekspor dari Sulawesi Utara antara lain :dari data yang ada enam komoditas yakni ,pala biji, bunga pala, pala bubuk, bungkil kelapa, kelapa parut, dan santan kelapa dengan tujuan 14 negara.total volume Ekspor komoditas pertanian yang di lepas Gubernur Sulut Olly Dondokambey berjumlah 13.028.855 ton dan nilai Rp 63.601.930.800 miliar .

Uraian untuk komoditi ekspor pala biji di ekspor ke negara Vietnam, Nederland dan Italia. Bunga pala ke India dan Nederland, pala bubuk ke Argentina, bungkil kelapa ke india dan Korea Selatan serta santan kelapa vietnam.sedangkan kelapa parut di ekspor ke German, Rusia, England, Poland, Nederland, Australia, Hongkong, China dan New Zealand . Selain ke enam komoditas,ada juga komoditas pertanian ekspor baru yang sudah berjalan dari tahun 2020-2021 yakni RDB palm stearin Atau minyak fraksi tujuan ekspor China dengan jumlah 2.999 ton /Rp 33.2 miliar, Coco peat tujuan Korea Selatan dan China jumlah 150 ton /Rp 449 juta , Air kelapa tujuan Singapore jumlah 256 ton / Rp 6,8 miliar, pala bubuk ke Argentina jumlah 39 ton/Rp 1.7 miliar, stvia atau pemanis pengganti tebu ke Korea Selatan jumlah 3.1ton/Rp 33,3 miliar

. Menarik nya, tanaman hias masuk kategori komoditi pertanian yang sangat di minati sejumlah negara di antaranya : Singapore, Malaysia, Vietnam, As , Thailand, Jepang, Belanda, Korea Selatan, Guam , dan Rusia . Bukan hanya itu, sejumlah komoditas pertanian di seluruh kabupaten/kota Sulawesi Utara, Sementara ini masih di persiapkan ke ekspor negara negara lainnya . Komoditas yang akan di ekspor yakni, umbi Porang, briket, bawang merah, bunga Krisan, serat abaka dan serai . Uraian Daerah penghasil pertanian di Sulut antara lain : untuk bawang merah Kotamobagu, kabupaten Minahasa Selatan, kabupaten Minahasa dan kabupaten Minahasa Utara . Untuk bunga Krisan dari Tomohon. Umbi Porang dari Bolmong . Briket dari Sangihe, serat abaka dari kabupaten Talaud dan serai dari Kotamobagu juga Kota Bitung.

. Dalam sambutannya pak Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan komoditas pertanian ekspor ini untuk memulihkan ekonomi nasional, terlebih khusus Sulawesi Utara untuk menjadikan Petani hebat ,ucap Gubernur Sulut “. Juga turut hadir dalam kegiatan sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen, Kapolda Sulut Irjen Nana Sudjana MM, Dandrem 131 Santiago Brigjen TNI Meyer Putong SH, ketua fraksi PDI Perjuangan Geraldi Mantiri, petinggi bea cukai Sulut, pihak karantina Sulut, kepala terminal peti kemas bitung, pihak PT Pelindo 4, pihak kepala KSOP bitung Juga Kapolres Bitung AKBP Indra Pramana . ( Nando )

No More Posts Available.

No more pages to load.