Kabid Propam Polda Jambi, Berstatus “Terperiksa” di Biro Provos MABES POLRI Terkait Profesionalitas Kinerja.

oleh -

 

Jambi Fokuskriminal.com – Tindak lanjut dari laporan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh AKBP Dadan Wira Laksana, Sik, MAP selaku Kapolres Sarolangun dan IPTU BAGUS FARIA, SIK.MH kasat Reskrim Polres Sarolangun Polda Jambi beserta anggota satreskrim Polres Sarolangun yang di laporkan oleh Dr Yudi Kerismen US. SH. MH. telah selesai dilakukan pemeriksaan oleh Biro Provos Mabes Polri.

Selanjutnya Biro Provos Mabes Polri melakukan pemeriksaan terhadap Kombes Pol Julihan Muntaha, SIK selaku Kabid Propam Polda Jambi dan Kompol Lukman, SH. Selaku Kasubbid Paminal Bid Propam Polda Jambi yang juga Terlapor dalam Kasus ini.

Pemeriksaan terhadap Kabid Propam dan Kasubbid Paminal Bid Propam Polda Jambi tersebut, terkait dengan tidak professional dalam menegakkan disiplin anggota Polri atas surat Pengaduan nomor register: P/1775/VII/2019/Bagyanduan tentang penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Mantan Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, SIK., MAP. dkk

Kronologis permasalahan adalah menurut Dr Yudi Krismen US. SH, MH. Yang akrab di sapa Pak Yudi “ Dasar pemeriksaan terhadap AKBP Dadan Wira Laksana, SIK., MAP. dkk yang dilakukan oleh Kabid Propam Polda Jambi adalah adanya surat Pengaduan nomor register: P/1775/VII/2019/Bagyanduan yang dilimpahkan oleh Divisi Propam Mabes Polri ke Bid Propam Polda Jambi pada tanggal 25 agustus 2020, sesuai dengan surat pelimpahan Kepala Divis Profesi dan Pengaman Polri Nomor: R/ND-262-b/VIII/YAN.3.5/2020/Yanduan tanggal 03 Agustus 2020 perihal pelimpahan surat pengaduan pelapor Dengan tembusan kepada pelapor dengan surat nomor:B/724-b/WAS.2.4/2020/Divpropam, tertuang dalam Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Pemeriksaan propam (SP2HP2-1). Atas pelimpahan perkara tersebut, kabid propam polda jambi pada tanggal 05 November 2019 mengirimkan surat Nomor: SP2HP2-3/95/XI/2019/Bidpropam kepada Pelapor dan Mengatakan bahwa laporan saya sudah diproses oleh Bid Propam Polda Jambi, dengan hasil bahwa; satreskrim Polres Sarolangun dalam melakukan penyidikan perkara PETI a.n Kholil Matjunak (alm) dan SRIYANTO uniel Bejo Bin Bejo sesuai dengan Laporan Polisi Nomor: LP/A-36/VII/2019/SPKT/Res Sarolangun tanggal 03 Juli 2019 telah sesuai prosedur serta tidak di temukan adanya pelanggaran disiplin/KKEP dan saat ini perkara tersebut sudah di limpahkan ke JPU dan telah di putus oleh Pengadilan Negeri Sarolangun. Hal ini membuat saya tidak puas sebagai pelapor”. Ulas Nya.