Bupati Kampar : Virus Covid-19 Jangan Anggap Sepele

oleh -

BANGKINANG, ( Fokuskriminal.com) – Menindak lanjuti Rapat Bersama Gubernur Riau terkait wabah penyakit virus Corona yang baru-baru ini dilaksanakan, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH langsung melakukan Rapat Koordinasi bersama Forkopimda, OPD dan Camat di lantai III ruang rapat Bupati Kampar, (17/3/2020).

Disebutkan Bupati Kampar, dari 117 kasus 69 kasus positif justru 35 kasus dari impor, saat ini virus tersebut dari kita menyebar untuk kita, jika sudah positif maka dengan seketika bisa menyebarkan ke 250 orang sekaligus.

Jadi jangan pernah menganggap sepele virus ini, dan Covid-19 ini bukan penyakit AID jadi jangan sungkan untuk melakukan pemeriksaan, maka dari itu saya berharap kepada semuanya mau tidak mau kita harus membatasi jarak sosial kita, jangan ada kegiatan-kegiatan yang bersifat masif dan mendatangkan massa, jangan mau mengambil resiko, sesuai dengan anjuran pak Presiden silahkan belajar dirumah, beribadah dirumah, jadi mulai hari ini tidak ada rapat-rapat seperti ini, gunakan tehnologi yang ada, semua bisa dilakukan dengan video call.”

Untuk itu Bupati Kampar perintahkan untuk seluruh ASN untuk tidak ada yang keluar daerah, berlaku pahit untuk yang lebih baik untuk negeri ini, dan untuk hari ini kita lakukan membentuk satgas penanggulangan covid-19 di Kabupaten Kampar sampai tingkat kecamatan dan seterusnya camat akan meneruskan ke tingkat desa dalam rangka melakukan pencegahan.

Bupati Kampar juga akan mengeluarkan surat edaran Bupati Kampar tentang pencegahan virus Covid-19 dan menugaskan Kepala Dinas Kesehatan untuk mengambil langkah-langkah dalam menyiapkan ketersediaan obat dan logistik dilapangan. Selanjutnya menugaskan BPBD untuk mengambil langkah-langkah kesiap siagaan termasuk berkoordinasi dengan BNPB.

“Memang kalau kita lihat dan merasakan kondisi saat ini seolah-olah tidak terjadi apa-apa di Kabupaten Kampar, namun sungguh saya kaget setelah kita mengikuti rapat bersama Gubernur Riau, begitu seriusnya semua elemen dan semua lini dalam menyikapi penyebaran virus Corona ini.”ucap Bupati Kampar.

Untuk itu kita akan menindaklanjuti hal apa yang disampaikan dalam rangka upaya, langkah yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi.

Bupati Kampar sampaikan bahwa memang pemerintah Kabupaten Kampar telah melakukan langkah-langkah yakni pada pertengahan bulan februari, Kepala Dinas Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran kemudian telah mengeluarkan SK pembentukan Tim terpadu penanggulangan dan pencegahan virus Covid-19 ini dan telah menyiapkan 3 ruangan isolasi di RSUD Bangkinang, penyuluhan di media, dan pelaksanaan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, menyediakan 1 unit ambulan khusus penanganan Covid-19 ini.

Untuk lebih terkoordinirnya penanganan virus Covid-19 ini tentu saja dibutuhkan masukan dan saran agar kepastian dalam menindak lanjutin hal tersebut sangat dibutuhkan demi kepentingan bersama.

“Karena yang menjadi perhatian saat ini adalah bagaimana kita membatasi diri kita, jadi seolah -olah kita memang membatasi jarak sosial kita, hindari kerumunan karena ternyata virus ini bisa terjangkit dengan jarak 2 meter.” Papar Bupati Kampar.(Diskominfokampar)