Cara Membantu Anak Dalam Menjalani Pengobatan Penyalahgunaan Narkoba

oleh -

Penyalahgunaan dan kecanduan narkoba semakin umum di kalangan remaja. Anda tidak boleh menolak membantunya dalam rangka membantu anak dalam mengatasi masalah narkoba. Anda perlu memberikan dukungan serta dorongan semampu Anda jika ingin membuat mereka sehat kembali.

Mengakui Bahwa Anak Anda Memerlukan Bantuan

Waspadalah akan pengaruh kecanduan narkoba terhadap otak. Ketika seseorang kecanduan narkoba, maka hal itu memengaruhi otak dan perilaku dalam hal yang negatif. Sebelum Anda mulai memberikan bantuan pada anak, coba untuk memahami masalah mereka sehingga Anda dapat terhubung pada mereka serta memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik.

  • Narkoba meningkatkan level dopamin di dalam otak yang dapat memicu perasaan senang. Otak ingin mengulangi euforia ini yang membuat seseorang menjadi ketergantungan akan narkoba.
  • Karena perubahan kimiawi dalam otak, seseorang akan sulit untuk menghentikannya meskipun ia ingin. Perubahan pada otak ini juga dapat merusak persepsi seseorang terhadap perilakunya sendiri serta dapat membuat mereka merasa terkontrol dalam masalah mereka.
  • Seiring dengan waktu, konsumsi narkoba menjadi sama pentingnya dengan makan dan minum – kecanduan akan narkoba mulai mendominasi seluruh area dalam kehidupan mereka. Penggunaan dengan jangka panjang dapat mengakibatkan masalah seperti pelemahan kognitif, pengambilan keputusan yang buruk serta pemikiran irasional.

Ikut serta sedini mungkin. Jika Anda mencurigai bahwa anak Anda mengalami masalah dengan narkoba, jangan tunggu apa pun lagi. Ikut serta sedini mungkin dan berikan bantuan yang mereka perlukan.

  • Tanda-tanda yang dapat menunjukkan bahwa anak Anda memiliki masalah dengan narkoba adalah: perubahan perilaku, gangguan tidur, perilaku suka berahasia, kebutuhan akan privasi, nilai-nilai menurun, permusuhan, amarah, sering ke luar rumah dengan teman baru
  • Coba untuk berbicara pada anak Anda dan biarkan mereka mengakui bahwa mereka memiliki masalah. Jangan memarahinya. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ada di sana untuk mereka serta ingin membantu mereka menjalani semua.

Ketahui hal yang perlu diubah. Jika Anda menemukan bahwa anak Anda memiliki masalah akan narkoba, sadarlah bahwa Anda tidak dapat menghentikan masalah hanya dengan cold turkey atau menghentikan konsumsi narkoba dengan seketika. Terdapat beberapa masalah lain yang perlu diperhatikan:

  • Anak Anda perlu mengubah cara berpikir terhadap dirinya sendiri. Teman-temannya perlu diubah. Teman serta kelompok yang ada saat ini boleh jadi merupakan alasan utama di belakang kecanduan dan permusuhannya.
  • Anak Anda perlu meningkatkan kemampuan pengendalian stres. Anda perlu menemukan cara yang sehat bagi anak Anda untuk mengendalikan stres daripada dengan cara mengonsumsi narkoba.
  • Pastikan anak menghabiskan waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Berikan tugas atau proyek yang perlu diselesaikan. Harapannya, anak Anda dapat memahami cara memperoleh kepuasan dari kerja keras dan usaha daripada mencari kepuasan yang instan.
  • Dorong anak Anda untuk mengubah gaya hidup dan preferensi. Bantu mereka untuk membuat pilihan baru dan tinggalkan pilihan lama yang membantunya kecanduan.

Bantu anak untuk memahami mengapa pengobatan itu penting.Penolakan merupakan hal pertama yang ditemukan oleh keluarga saat mereka mencoba untuk mengajak anak mereka menjalani pengobatan penyalahgunaan narkoba. Untuk membantu anak dalam mengatasi penolakan dan kecanduan, Anda perlu melakukan langkah-langkah mudah ini:

  • Berikan konseling dari psikiater atau konselor di pusat rehabilitasi untuk anak Anda karena mereka dapat mengetahui pengobatan khusus untuk masalah yang dialami anak Anda.
  • Bantu anak untuk menyadari kondisi sebelum dan setelah menggunakan narkoba. Hal ini dapat membantu mereka menyadari betapa penting pengobatan untuk dilakukan.
  • Bantu anak Anda mengakui rintangan untuk berubah serta dorong mereka ke arah kehidupan normal dan sehat. Ingatkan mereka tentang mimpi serta cita-cita yang dimiliki sebelum mengalami masalah dengan narkoba serta dorong mereka untuk kembali ke jalan yang benar.