Ini Kronologis Puluhan Warga Tiyuh Mulya Jaya Kabur Dari Karantina

oleh -

PANARAGAN TULANG BAWANG BARAT – Untuk memutus Mata Rantai penyebaran Covid 19,Pemerintah baik dari Pusat,Provinsi ataupun Kabupaten memerintahkan agar setiap Kepala Desa atau Tiyuh mengadakan dan menyiapkan Ruang isolasi atau Ruang Karantina Bagi setiap masyarakat yang datang atau pulang dari luar daerah agar kiranya di Karantina Kan selama 14 hari.

Namun sangat di sayangkan,ada salah satu Tiyuh yaitu Tiyuh Mulya Jaya Kecamatan Tuba Tengah ada beberapa warga pendatang yang di Isolasi di Rumah singgah yang sudah di siapkan di SLB setempat, pada memberontak dan tidak mau di isolasi di Ruang isolasi yang sudah di sediakan,mereka pada pulang kerumah masing-masing.

Hal ini terjadi dikarenakan ada salah satu keluarga dari Pak Kepalou Tiyuh Mulya jaya Pak Lukman yang datang dari rantau, tidak di isolasi di ruang karantina yang sudah di sediakan oleh Kepalou Tiyuhnya, menurut Warga yang di isolasi, kepalou Tiyuhnya tidak adil kenapa kalau Orang lain di isolasi atau di Karantina di rumah singgah,tapi saudaranyanya sendiri tidak di Karantina atau di Isolasi,malahan di biarkan bebas berkeliaran,ungkap salah satu narasumber yang enggan di sebutkan namanya.

Namun hal ini berbeda dengan penjelasan salah seorang penjaga posko di balai Tiyuh
Saat Awak media mendatangi Kantor Kepalou Tiyuh untuk mengkonfirmasi, Namun Kepalou Tiyuhnya tidak ada di tempat, Kamis 30/4/2020.

“Kami hanya petugas yang jaga posko aja Pak,dan Rumah singgah sementara,kami pakek Sekolahan SLB,jadi semua pendatang kami karantina di situ dulu,tapi sekarang sudah tidak ada lagi sudah pada pulang,dan kalau masalah Saudara Kepalou Tiyuh yang datang itu,memang gak di Isolasi di ruang karantina yang di siapkan di Tiyuh,kan mereka ada kamar sendiri di Rumah,” ungkapnya.

Setelah di tanya oleh awak media daftar nama-nama yang di karantina di Tiyuh ada 14 orang,dan Mereka sudah nggak ada lagi ternyata yang pulang tersebut belum habis masa karantina nya selama 14 hari.

“Iya Pak, walau belum habis masa isolasinya,tapi mereka minta ijin untuk pulang untuk karantina Mandiri aja,mereka udah ada surat p
Perjanjian dengan aparatur Tiyuh”,ungkap nya.

Lebih lanjut di tanya masalah para pendatang yang di isolasi benar apa nggak nya mereka nuntut minta di pulangkan kerumah mereka masing-masing karena Saudara Kepalou Tiyuhnya yang baru datang dari luar Daerah nggak di Karantina dan nggak di Isolasi malahan berkeliaran,penjaga tersebut tidak bersedia memberikan jawaban ,”kalau masalah itu,tanya langsung aja ke Pak Kepalou nya aja langsung Pak,”Pungkasnya.