Penyaluran BST di Sinar Kalimantan Diduga Sarat Akan Pungli, Kades: Minimal Untuk Materai Sama Ongkos ke Seberang

oleh -

TANJABTIMUR-Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial RI di Desa Sinar Kalimantan Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi timbulkan polemik dikalangan masyarakat.

Pasalnya, sebelum pencairan, hal-hal yang dilakukan aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) Sinar Kalimantan kepada warga penerima BST diduga sarat akan praktik pungutan liar (pungli). Hal ini diungkapkan oleh penerima BST, salah satu warga Desa Sinar Kalimantan yang enggan disebutkan namanya, Minggu (12/7/2020).

Adapun dugaan praktik pungli kepada penerima BST tersebut ialah diduga untuk pembelian materai dan diduga juga untuk upah jasa pengambilan uang BST kepada aparatur Desa Sinar Kalimantan yang di bayar penerima BST secara ikhlas.

“Uang materai, materaikan sepuluh ribu, terus ditambah lagi seikhlasnya uang jalan. Tak ditentukan dia, dia minta ikhlas hati kita si yang penerima,” ungkap sumber yang merasa keberatan dengan hal ini.

Dikatakannya, pembayaran uang yang diduga untuk materai dan upah jalan kepada aparatur Desa Sinar Kalimantan tersebut terjadi pada penyaluran BST hanya pada tahap II dan III.