Komnas HAM Akan Periksa Mobil Laskar FPI Dan Mobil Polisi

oleh -

Jakarta  Fokuskriminal.com – Komnas HAM sedang mengusut tewasnya enam anggota laskar FPI yang tertembak di Tol Jakarta-Cikampek Km 50. Komnas HAM juga akan memeriksa fisik mobil yang digunakan polisi dan FPI.

“Kami akan memeriksa atau cek fisik kendaraan yang digunakan oleh anggota kepolisian dan FPI,” kata komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara kepada wartawan, Sabtu (19/12/2020).

Beka menyebut pemeriksaan terhadap kendaraan itu akan dilakukan dalam pekan depan. “Minggu depan. Maksudnya antara Senin-Rabu besok,” ucapnya.

Lebih lanjut Beka menyebut Komnas HAM akan memeriksa kerusakan yang ada di kendaraan. Nantinya bukti kerusakan akan dicocokkan dengan keterangan yang diberikan oleh FPI dan kepolisian.

“Cacat-cacat atau kerusakan yang timbul. Rekonstruksi ulang keterangan yang diberikan oleh FPI dan kepolisian,” ujar Beka.

Sebelumnya diberitakan, enam anggota laskar FPI pengikut Habib Rizieq dikonfirmasi tewas karena tertembak. Irjen Fadil pada jumpa pers beberapa hari lalu menyebutkan enam anggota laskar FPI ditembak polisi karena melakukan perlawanan.

Pantauan awak media saat rekonstruksi berlangsung di TKP 1, Jalan Internasional Karawang Barat dekat bundaran Hotel Novotel, Senin (14/12/2020), sekitar pukul 00.45 WIB. Ada 11 adegan yang diperagakan polisi di TKP 1.