Program Pilot Project BWSS V, Normalisasi Sungai Batang Sinama Bakal Menuju Sektor Wisata

oleh -

Limapuluh kota, fokuskriminal.com- Kanagarian Taram Kecamatan Harau khususnya Jorong Subarang dan Jorong Tanjung Kubang dari tahun ke tahun menjadi langganan banjir ketika curah hujan tinggi di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota (Luapan Aliran Batang Sinamar).

Hal ini meresahkan masyarakat di kedua jorong tersebut karena sampai berhari-hari dan mengakibatkan masyarakat tidak bisa beraktifitas.

Melihat kondisi ini, mulai tahun anggaran 2019 sudah melaksanakan Normalisasi Batang Sinamar ini dengan anggaran Rp 7,8 miliar lebih khusus pengerjaan Turap dan Tanggul di Sisi pinggiran Batang Sinamar Jorong Subarang.

Pada Tahun 2020, pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai V Sumatera (BWSS V) Dirjen Sumber Daya Air, Kementrian PUPR kembali menurunkan anggaran sebesar Rp 7 miliar lebih untuk pengerjaan lanjutan Normalisasi Batang Sinamar, objeknya di sisi sungai yang berada dalam wilayah Jorong Tanjung Kubang.
Pekerjaan normalisasi Batang Sinamar di Nagari Taram yang kedua ini dikerjakan CV Lusi Contraktor.

Dikatakan PPK Sungai dan Pantai I Reski Wahyudi ST.MT kepada awak media (26/6), Normalisasi Batang Sinamar ini dilaksanakan sepanjang 1 km selama 240 hari kerja dan dimulai pada tanggal 14 Januari 2020.