PPDB di Pangkalpinang Diundur, KPAI Rekomendasikan Hal Ini

oleh -

PANGKALPINANG – Dalam rilisnya, KPAI menyatakan bahwa dampak positif PPDB sistem zonasi bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu secara ekonomi diantaranya adalah, anak-anak dari keluarga tidak mampu dapat mengakses pendidikan di sekolah negeri yang dekat tempat tinggalnya, Selasa (01/07/2020)

Yang kedua adalah, biaya pendidikan menjadi lebih ringan, hingga tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, karena ke sekolah bisa jalan kaki.

“Tidak perlu mengeluarkan biaya makan siang, karena sempat makan di rumah, ketika tidak memiliki peralatan daring dan atau kuota internet dalam mengerjakan tugas atau Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat menggunakan wifi sekolah,” di butir keempat dan kelima rilis.

Bahkan, jika sejak dulu sistem zonasi dalam PPDB benar-benar dilaksanakan, maka saat menentukan zona hijau untuk membuka sekolah di kenormalan baru lebih mudah dan pasti aman bagi anak-anak.

“Problem yang selalu muncul dalam pelaksanaan zonasi sejak 2017 adalah persebaran sekolah yang tidak merata, jumlah sekolah negeri yang tidak bertambah selama bertahun-tahun lamanya, dan infrastruktur yang tidak memadai,” kata Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti.