Usut Tuntas Pembalakan Liar di Nagari SITAPA

oleh -

Limapuluh fokuskriminal.com – Penebangan Kayu Pinus terindikasi adanya Dugaan Pembalakan Liar (Ilegal Logging) di Kawasan Nagari Sikabu-kabu Tanjungharo Padangpanjang (SITAPA) Kecamatan Luak Kabupaten 50 Kota, tidak memiliki Izin untuk beroperasi atau Ilegal.

Berdasarkan Ungkapan Pjs.Wali Nagari SITAPA, Trisna kepada Media melalui telepon Celularnya, mengatakan terkait Penebangan Hutan Pinus yang dilakukan oleh beberapa Oknum Masyarakat di Nagari, sebelumnya sudah ditindak lajuti berdasarkan aduan Masyarakat dan sudah terlebih dahulu diterima Pemerintah Nagari.

“Penebangan Kayu Pinus yang dilakukan oleh Oknum-oknum/Masyarakat sebelumnya sudah kami tindak lanjuti berdasarkan Aduan Masyarakat dengan menyurati mereka untuk menghentikan Pengambilan Limbah Pinus” ungkapnya.

Trisna melanjutkan, bahwa, “Surat Pemberitahuan untuk Menghentikan Pengambilan Limbah Kayu Pinus tersebut sudah kita Layangkan kepada Masyarakat Semenjak tanggal 11 Juni 2020 lalu, kemudian Pemerintah Nagari juga sudah menggelar Rapat dengan Lembaga Adat atau Bersama Ninik Mamak pada tanggal 6 Juli 2020” lanjutnya.

“Untuk menindaklanjuti dari hasil Rapat/Musyawarah untuk Pengelolan Limbah Pinus, Pemerintah Nagari Menyerahkan Kembali kepada Keputusan bersama Lembaga Adat/Ninik Mamak sebagai Pemegang Hak Tanah Ulayat untuk mekanisme dan Pengelolaan Pinus Sesuai Pernag Tanah Ulayat Nagari dan Selanjutnya dalam rencana akan diadakan kembali Rapat oleh Ninik Mamak menjelang Hari Raya Idul Adha, tetapi terundur karena sesuatu hal, InsyaAllah akan dilaksanakan Minggu depan” tuturnya menjelaskan.