Masih Dijadikan PPK Walau Akan Memasuki Usia Pensiun

oleh -

Limapuluh Kota. fokuskriminal.com Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeluarkan aturan mengenai Masa Persiapan Pensiun (MPP) bagi Pegawai Negeri Sipil ( PNS) yang akan mencapai batas usia pensiun. Aturan tersebut tertuang melalui Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2019 tentang Tata Cara Masa Pensiun.

Disebutkan, MPP bagi para PNS ini dapat diberikan maksimal dalam jangka waktu satu tahun dan dibebastugaskan dari jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN). Aturan ini sebagai bentuk kebijakan teknis dari Pasal 350 Ayat 5 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, yang mengakomodasi waktu persiapan jelang pensiun secara produktif.

Namun, bertolak belakang yang terjadi di Pemkab. Limapuluh Kota. Dimana, sebut saja oknum mantan Kasi Perencanaan SDA di Dinas PUPR, JML, sejak Januari 2020, selain dipercayai Kabid SDA PUPR, juga dikondisikan sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), kendati konon tidak memiliki sertifikat keahlian Pengadaan Barang dan Jasa.

Disebut- sebut ditunjuk sebagai Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK) pada lebih kurang 125 paket pekerjaan TA 2020 dengan alokasi anggaran ratusan miliar di PUPR Limapuluh Kota itu, tidak terlepas peran Kadis PUPR, Yunire Yunirman.