Segera musnahkan barang sitaan Narkoba dan Harus ada lembaga Penyimpan independent barang sitaan Narkoba.

oleh -

 

 

FOKRIM. Dari kejadian mantan Kapolsek Astanaanyar Kompol Yuni dan belasan anak buahnya yang komsumsi narkoba dan beberapa kasus oknum polisi terlibat narkoba termasuk hilangnya barang bukti maka diperlukan reformulasi terhadap pengelolaan barang sitaan, kedepan barang sitaan narkoba oleh penyidik polisi tidak lagi disimpan oleh polisi  namun harus disimpan pada lembaga khusus dan diawasi  tim independen.

 

Karakteristik barang sitaan berupa narkoba ini istimewa karena ada nilai ekonomisnya dimana barang narkoba bisa membuat tergoda bagi petugas untuk dijual  atau bisa saja diganti petugas termasuk penyalahgunaan barang bukti dan secara non ekonomis yaitu barang ini ,barang yang bisa buat efek candu,orang ketagihan sehingga potensi penyalahgunaan barang bukti menjadi sangat besar.

 

” maka  kedepan perlu regulasi khusus yang memuat antar lain paling lama 1x 24 jam barang narkoba yang disita oleh polisi harus beralih pada bagian pengelola barang bukti yang independent. Dan ada kewajiban penyidik untuk ekspos ke media terkait penangkapan narkotika dan barang  narkoba yang disita untuk segera dimusnahkan.