Tipu Penerimaan CPNS Hingga Rp 1.3 Miliar, Uangnya Hanya Untuk Foya-Foya

Madiun, Fokuskriminal.com – Polisi menangkap pelaku penipuan berkedok penerimaan CPNS. Pelaku adalah NK (45), warga Indragiri Hulu, Riau. Pelaku menggunakan uang hasil menipu untuk berfoya-foya dengan dua istrinya.

“Pelaku menjanjikan bisa meloloskan anak korban menjadi pegawai negeri sipil, dengan syarat harus memberikan sejumlah uang kepada pelaku. Pelaku mengaku uang hasil menipu untuk berfoya-foya dengan kedua istrinya,” ujar Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, Senin (29/11/2021).

Pelaku penipuan penerimaan CPNS.

Eka mengatakan total uang hasil penipuan mencapai Rp 1,3 miliar. Dari satu korbannya, pelaku meminta uang rata-rata Rp 250 juta.

“Salah satu korban adalah Purwanto, warga Manguharjo, Kota Madiun. Total kerugian korban Rp 1,35 miliar dari beberapa korban yang dijanjikan bisa lolos CPNS,” ungkap Eka.

Eka menambahkan dari tangan pelaku polisi menyita alat bukti berupa dua buku rekening BCA, 2 kartu ATM Platinum, dan 1 lembar bukti transfer Bank Mandiri. Pelaku terancam dijerat pasal 370 KUHP atau 272 KUHP tentang penipuan dan penggelapan, dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. (kdrbt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *